Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Jumat, 04 Maret 2011

Honda CBR250R Versi C-ABS Gak Bisa Ganti Ukuran Ban?



Dengan ukuran ban standar CBR250R mampu menaklukkan tikungan dengan baik
Honda CBR250R datang dengan mesin yang benar-benar baru dan beberapa fitur terkini. Misalnya C-ABS, Combined-Antilock Brake System, perangkat pengereman canggih ini memadukan teknologi combi brake dan ABS.

Combi brake pada Honda CBR250R seperti yang sudah diadopsi pada Honda Vario CBS Techno dan Honda PCX. Saat rem belakang diinjak, maka secara otomatis rem depan ikut membantu pengereman. Fungsinya agar pengereman lebih optimal.

Sedang ABS mencegah roda mengunci saat pengereman keras atau saat melintasi jalanan berpasir dan basah. Cara kerjanya, ada sebuah sensor kecepatan di roda depan dan belakang yang terletak di dekat disk brake. Bentuknya seperti lempengan besi dengan banyak lubang.

Sensor ini membaca perbedaan kecepatan antara roda depan dan belakang. Nah, disaat itulah secara otomatis Electronic Control Unit (ECU) pada perangkat ABS akan memerintahkan untuk mengurangi tekanan minyak rem. Kaliper akan membuka menutup secara cepat, satu detiknya terjadi 50 kali/detik.

Tentunya titik pengereman akan lebih pendek saat roda tetap berputar ketimbang roda yang terkunci dan tetap meluncur. Handling pun lebih aman, pada posisi menikung miring jadi tidak mudah terpeleset.


Fitur ABS di roda depan Honda CBR 250R
Balik lagi ke sensor kecepatan di roda. Sensor ini membaca perbedaan kecepatan roda, ABS tidak akan bekerja saat roda depan dan belakang berputar sama. Padahal ukuran roda depan dan belakang berbeda, tapi bisa terbaca sama lewat progam di ECU. Artinya data lingkar roda sudah diinput ke dalam program.

Nah, kalau ukuran roda diganti maka ECU akan membaca data yang salah dong? "Iya, sebaiknya untuk versi C-ABS ukuran bannya tidak diganti karena akan mengganggu fungsi ABS," jelas Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Misalnya ukuran ban belakang diganti dengan yang ukurannya lebih besar. Diameter luar ban makin besar, putaran roda belakang bakal makin lambat. Rem depan akan terus dikurangi kecepatannya.

"Makanya untuk yang suka modifikasi, dari standarnya sudah diberi ban lebar ukuran 140/70 dan pelek 4 inci di belakang. Lebih lebar dari kompetitor," lanjutnya.

Wah, jadi batasan modifikasi nih! Tapi sebenarnya secara performa ban standar CBR250R sudah mumpuni. Buktinya menikung miring hingga lutut menempel aspal tak ada masalah.

Tidak ada komentar: