Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Jumat, 04 Maret 2011

Ketika Yamaha Vega R Pakai Head Jupiter




 
Ganti satu set rantai keteng!
Buat dongkrak kapasitas silinder Yamaha Vega R lebih besar, tidak sedikit tunner mengandalkan blok dan head silinder Jupiter-Z. Meski  banyak kelebihan diusung., tapi, tetap ada penyesuaian.

Bicara penyesuaian, itu belakangan ya. Lebih baik bicara keuntungan atau kelebihan aplikasi part Jupiter-Z ke Vega lebih dahulu. “Pakai blok silinder Jupiter, bore up bisa besar,” jelas Anggi dari R-59 Racing dari Jl. Dewi Sartika, Ciputat, Tangerang.

Iya! Jarak baut empat dengan linner agak lebih lebar. Jadi, boring pun masih bisa disesaki piston lebih besar lagi. Pastinya, lonjakan power akan lebih besar.

Kelebihan lain yang diberikan, ketika aplikasi kepala silinder Jupiter-Z itu sendiri. Menurut Anggi, bagian head Jupiter memiliki logam yang cukup tebal lapisannya. Jadi, memungkinkan ditunner lebih besar ketimbang blok Vega R.

Terutama bagian exhaust. ‘Daging’ Jupiter-Z lebih tebal dari Vega. “Buat dibikin lebih besar lagi, jadi enggak perlu khawatir, masih memungkinkan,” bilang mekanik yang kental logat Betawi itu.

Beda dengan head Vega ketika dimakan bor tunner untuk memperbesar lubang exhaust. Kata Anggi, terkadang head jadi bolong atau bocor karena daging yang diambil terlalu besar.

Bicara penyesuaian nih! Ketika aplikasi head dan blok Jupiter, rantai keteng juga harus diganti pakai tipe sama. Ya! Pakai rantai keteng set si Jupie-Z!

Tapi harus ditebus satu set! Gigi sentrik bawah, dijual sekitar Rp 120 ribuan. Buat melepasnya, harus menggunakan tracker. Sedang gigi sentrik atas, dipsangi banderol Rp 29 ribu. Lalu, rantai ketengnya sendiri dijual Rp 56 ribu.

Tidak ada komentar: