Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Kamis, 02 Desember 2010

AWAS DAMPAKNYA!

6260ganti-sil-dvd-1.jpgEnggak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk melihat kinerja puli rumah roller. Sembari menunggu adzan magrib berkumandang, coba pastikan kondisi part pengapit belt itu. Terutama, di bagian sil karet. Jangan biarkan karet pelindung itu lepas atau sudah tipis!

“Sil karet itu berfungsi menyekat grease. Oleh sil, gemuk yang melumasi puli dan bosnya itu ditahan agar tidak muncrat kemana-mana. Kalau sil aus atau sudah lepas dari dudukannya, grease terbuang kemana-mana dan jadi kering, busing dan rumah roller mudah aus,” ungkap Nuraimin alias Boday, mekanik JP Racing di Jl. Cendrawasih, No. 6E-F, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.6261ganti-sil-dvd-2.jpg

Bikin bahaya lagi kalau bushing atau puli sampai aus. Dampaknya harus diganti satu set. Pertama, bushing puli itu sendiri. Karena tanpa grease, bushing yang menjadi poros puli ikut aus. “Paling mudah mencirikan bushing ini aus, ketika ada coakan atau baret yang dalam. Itu akibat gesekan puli dan bushing enggak sempurna,” akunya.

Efek selanjutnya, puli itu sendiri. Yap! Dengan oblaknya puli berputar, lubang puli bisa seperti apa yang dialami bushing. Permukaan kuningan di lubang puli ikut termakan.

Tentunya, akan berpengaruh pada kinerja CVT dong. Efek selanjutnya, tentu di belt. Pinggiran belt sisi kanan-kiri alami habis tak rata. So, tak ada salahnya lakukan pengecekan. Jika sil yang dijual sekitar Rp 10 ribuan ini aus, menggantinya cukup cungkil sil pakai obeng pipih. Pasangnya, beri grease ya. Tentu gemuk khusus CVT yang tahan panas itu.

Tidak ada komentar: