Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Kamis, 02 Desember 2010

SERVIS KERAN VAKUM

629201.jpgMotor bebek atau matik sekarang rata-rata sudah pakai keran bensin model vakum. Keran membuka aliran bensin jika ada kevakuman pada intake manifold. Tentunya mesin harus hidup terlebih dahulu.

Motor baru atau lama bisa saja bermasalah pada keran vakum. Meski mesin sudah dimatikan, aliran bensin tetap ngocor. Akibtanya banjir pada karburator. Paling parah diparkir dalam rumah. Pagi-pagi bau bensin. Awas kebakaran.

Dulu sering terjadi di Yamaha Nouvo. Sekarang banyak juga di motor lain. Daripada harus beli baru, bisa kok diakali. Bisa dikerjakan sendiri pula. Namun harus buka cover bodi dan kudu siap kuras tangki.

Yuk dipraktikan di Mio. Proses bongkar bodi dan sepatbor dipastikan semua bisa. Dilanjut lepas slang yang menempel di keran. Awas, kudu ditandai agar tidak salah pasang slang nantinya.

Gunakan kunci 10 untuk melepas 4 baut pengikat tangki. Angkat tangki dan tuang bensin dari lubang tutup. Tentu ditampung di wadah bersih.629302.jpg

Dilanjut gunakan kunci ring 10 untuk melepas 2 baut pengikat keran bensin di tangki. Trus gunakan obeng kembang untuk mengendurkan 5 sekrup tutup keran.

Awas, ketika keran terbuka ada per yang mencelat. Per ini yang kerep bermasalah. Biasanya sudah loyo, sehingga tak bisa menekan aliran bensin ketika mesin mati. Supaya kembali normal, pegas ini harus dikeraskan kembali.

Cara mengeraskan pegas bisa ditarik agar melar. Atau ganti dengan yang seukuran. Jangan terlalu keras, bensin malah tidak mau ngocor.

Kemudian pasang kembali pegas seperti semula. Dan kencangkan semua sekrup pengikat tutup keran. Pasang kembali keran di tangki.

Coba masukan bensin ke tangki. Trus isap pakai mulut lubang di keran yang menuju slang intake manifold. Jika bensin mau ngocor berarti bagus. Lepaskan isapan mulut, jika bensin berhenti ngocor berarti keran sudah normal.

Tidak ada komentar: