Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Kamis, 02 Desember 2010

SETING STANDAR MESIN AMAN

6264mesin-skubek-dvd.jpgTunggangan sekarang nggak kayak dulu, jarang mogok. Kecuali bensin habis, terendam air atau pengapian DC akinya soak. Sebab selain konstruksi mesin lebih baik juga kompak, pengapiannya juga sudah pakai CDI.

Seperti mesin yang diusung skubek. Ruang mesin dengan komponen pemindah daya dibikin terpisah, namun tetap saling dukung. Sehingga untuk lakukan perawatan berkala pun dilakukan terpisah.

Makanya mesti diperhatiin jangan cuma komponen vital di rumah CVT aja. Mesin sebagai pendongkrak tenaga skubek juga wajib dilakukan servis berkala.

“Seperti servis karburator, setel celah klep, bersihkan filter udara dan yang pasti ganti oli. Kalau itu sudah dilakukan efeknya bensin gak boros, efesiensi waktu dan enggak capek di jalan,” wanti Didin Rasidin, mekanik Bike Point Oryx Motor di Jl. Cipatik No. 46, Soreang-Bandung.

Untuk servis karbu skubek standar, saran Didin cukup membersihkan kotoran di bak dan lubang aliran. Soal ukuran setelan udara, baiknya sesuaikan pentunjuk buku manual masing-masing. Tidak lupa ganti filter udara jika kotoran sulit dibersihkan.

Begitu pula setelan klep in dan out di semua skubek. Celah jangan dibikin rengang dari ukuran yang dianjurkan pabrik. Hal itu akan berdampak pada minimnya pasokan gas bakar yang berujung pada naiknya suhu panas mesin.

“Setelan klep renggang oke di akselarasi. Tapi, perjalan mudik menuntut daya tahan dan putaran atas panjang. Disarakan kambali pakai setingan pabrik,” ucap Didin sambil mewanti agar ganti oli dan cek busi.

Tidak ada komentar: