Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Kamis, 02 Desember 2010

LUBANG ATASI SLEK

6290baut-lubang-yudi-1.jpg
Sering bengkar-pasang satu komponen, lubang baut bisa slek. Salah satunya lubang baut karburator yang nyambung ke intake manifold. Beberapa trik dilakukan mekanik supaya komponen pengabut bahan bakar itu tetap mantap dipasang di leher angsa. 

“Banyak yang ganti baut L atau 8. Baut dipanjangin sampai belakang terus dikunci pakai mur. Itu enggak kelihatan standar lagi,” ujar Ceng Kun, mekanik dan pemilik bengkel Ceng Kun Motor Sport (CMS), Tangerang, Banten.

Masalah drat lubang pegangan karbu dol lantaran sering bongkar-pasang. Terutama pas servis ringan. Biasanya kejadian kalau servis karbu dilepas dari intakenya. Padahal yang benar kan biarkan karbu dan leher angsa menyatu sewaktu mengeceknya.
6291baut-lubang-yudi-2.jpg
“Generasi Yamaha Vega-R, Jupiter-Z, termasuk juga Suzuki Shogun 125 sering dol dratnya,” ungkap Ceng Kun yang enggak punya hubungan dengan Cheng Kuan Thai, aktor legendaris film laga Hongkong.

Kalau sudah dapat drat yang slek, siapkan bor dan mata yang lebih gede dari baut standar. Lubangi lubang dengan mata bor 6,8 mm. Ingat cuy ngebornya jangan sampai mentok. Batasnya cukup 3/4 dari panjang total lubang.

Dalam lubang sekitar 9 mm karena mur pengikat karbu ke intake 8 mm. “Setelah itu ditap ulang pakai ukuran 8x125 mm untuk baut 12,” ujar Ceng Kun yang punya bengkel di Kota Bumi, Tangerang. Setelah ditap ulang, olesi lubang pakai lem besi. Trus ambil baut 12 baru buat dikencangkan.

Potong baut yang sudah kencang. Pemotongan pas permukaan lubang atas. Kemudian mur yang sudah dipotong, lubangi dengan mata bor 5,2 mm.

“Pengerjaan ketika ngebor jangan sampai melenceng atau miring biar hasilnya bagus,” ungkap Ceng Kun. Kelar mur dilubangi matabor 5,2 mm, giliran ditap 6x1 mm. Lalu dicoba pake baut bawaan pengikat manifold. Udah nengplak belum.

Kalau sudah pas, tinggal dijajal untuk dikencangkan. Pasang karburator pada dudukannya.

Tidak ada komentar: