Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Minggu, 10 Juli 2011

Dowel Pin, Bos Sambungan Blok Mesin, Silinder dan head


Di antara head dengan blok silinder mesin motor 4-tak, sobat pasti pernah lihat ada bos. Bahasa teknisnya, bos ini disebut dowel pin. Sebagai sambungan supaya klop antara dua part yang dirangkai.

Adapun tugas utama dari dowel pin, selain sebagai pengunci dan merapatkan antara sambungan blok mesin, silinder blok dan head, peranti ini juga befungsi sebagai pelindung aliran pelumas dari pompa oli di crankcase yang akan dialirkan ke head.

Sehingga suplai yang dialirkan ke pelumas tidak terhambat akibat bocor atau tersumbat debu geram maupun kotoran bekas lem paking.

Makanya diusahakan dowel pin selalu dipasang tepat di posisinya dan jangan sampai hilang bila blok mesin sedang dioverhul ringan maupun berat. Sebab kalau tidak dipasang selain bisa bikin posisi sambungan blok bergeser, oli juga mudah rembes keluar.

Tidak ada komentar: