Selamat Datang Di Blog MOCHAMMAD WISNU, kalian yang hobi dengan OTOMOTIF bisa melihat-liat di blog MOCHAMMAD WISNU tips dan trik, semoga bisa Bermanfa'at, Thx buat MotorPlus, Tahu lebih, Lebih tahu Salam BIKERS

Minggu, 10 Juli 2011

Intip Jeroan Knalpot Dual Tone TVS Tormax 150



Salah satu fitur unggulan pada bebek super TVS Tormax 150 adalah knalpot dengan dual tone. Knalpot ini punya dua suara berbeda yang bisa diubah-ubah dengan menggeser tuas di panel setang. Biar enggak penasaran, yuk kita lihat isi mufflernya.

Seperti pada gambar, moncong knalpot TVS Tormax 150 ini punya dua lubang. Dua lubang ini berbeda fungsi dan punya sekat yang berbeda. Yang atas, desainnya free flow. Sedang yang bawah punya tiga sekat berbeda.

"Pada knalpot ini ada dua sekat berbeda. Salah satunya lebih plong," ungkap Ades Fajarudin, Training Cordinator, PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI). Saat sekat yang lebih plong dipilih, suaranya akan lebih ngebas!

"Memilih dua suara ini dilakukan dengan memutar klep butterfly di dalam silencer yang pengoperasiannya bisa dilakukan lewat tuas di bawah tuas choke," jelas Ades yang menjelaskan teknologi TVS pada acara Bedah Teknologi TVS di Puncak, Bogor beberapa waktu yang lalu ini.

Mekanisme dari setang dan knalpot ini dilakukan dengan menggunakan kabel. Lebih jauh Ades menjelaskan kalau kabel ini hampir tidak membutuhkan perawatan berkala, jadi enggak akan merepotkan.

Penasaran suaranya? Langsung aja di coba. Ternyata saat dipilih mode suara dengan banyak sekat, suara knalpot dari mesin satu silinder SOHC tiga klep ini terdengar garing. Dan begitu tuasnya dipindah ke mode free flow, suara ngebas khas motor gede langsung terasa.

Tidak ada komentar: